Perkenalan dengan Organisasi Internasional



Pada dasarnya, Organisasi Internasional (OI) adalah sebuah hasil dari pemikiran kaum liberalis yang percaya bahwa perdamaian dunia dapat terwujud dengan menyerahkan hubungan antarnegara kepada suatu lembaga yang lebih tinggi. Dengan kata lain, OI memiliki peran penting sebagai aktor Hubungan Internasional yang dapat menjadi instrumen suatu negara dalam rangka mencapai kepentingan nasionalnya atau menjadi sebuah forum antarnegara. Selain itu, OI juga dapat berperan sebagai sumber hukum internasional, karena di sanalah terdapat kesepakatan yang telah disetujui oleh banyak negara di dunia. Sebagai mahasiswa HI, tentu penting bagi kita untuk mempelajari OI dan kedua perannya tadi. Hal ini dengan sendirinya menciptakan satu peran lagi bagi OI, yaitu sebagai komponen studi ilmu HI.


Mempelajari suatu bidang studi, tentu memerlukan pendekatan-pendekatan tertentu. Dalam hal ini, kita dapat memilih pendekatan-pendekatan yang telah ada atau dapat membuat pendekatan baru. Berhubung kita masih duduk di semester II program sarjana, jadi ada baiknya kita mempelajari terlebih dahulu pendekatan yang telah ada. Sebab tak dapat dipungkiri bahwa pendekatan-pendekatan baru itu sebenarnya adalah pengembangan dari pendekatan-pendekatan lama. Berikut beberapa pendekatan yang dapat digunakan dalam mempelajari Organisasi Internasional:

1. Pendekatan Hukum yang melihat OI dari dasar hukum yang menciptakannya. Dalam pendekatan ini, istilah-istilah yang akan sering ditemukan antara lain:  Treaty, Agreement, Pakta, Deklarasi, dan segala macam nama konstitusi lainnya.

2. Pendekatan Fungsional dan Struktural yang melihat OI dari sektor politik formal dan informalnya. Pendekatan ini biasanya dilakukan dengan memberikan pertanyaan, ”Apa yang harus dilakukan?”

3. Pendekatan Decision Making Process yang menganalisis birokrasi dari OI dan melihat proses pembuatan keputusannya.

4. Pendekatan Komparasi yang mencoba membandingkan antara satu OI dengan OI lainnya berdasarkan variabel-variabel yang dimilikinya.

Kebetulan aku masih belum mampu untuk menjelaskan keempat pendekatan itu lebih detail lagi hehe. Mungkin setelah banyak belajar nantinya akan ada kesempatan bagiku untuk menjabarkannya, namun untuk sekarang bagi para pembaca yang tertarik untuk mempelajari pendekatan tentang Organisasi Internasional dapat membaca buku-buku karangan Prof. Sumaryo yang dapat ditemukan di perpustakaan terdekat :)

Comments

Popular posts from this blog

Perkembangan Pendidikan di Vietnam

Organisasi Regional

Tiga Aspek Kedaulatan Negara

Konflik-Konflik di Asia Selatan

Asumsi Dasar Liberalisme: Studi Kasus Konflik Laut China Selatan